PATRIOT-Net

PATRIOT-Net merupakan proyek yang mengembangkan solusi jaringan pencegahan serta pemulihan dari bencana alam. Proyek PATRIOT-Net merupakan bentuk kerjasama antara Telkom University (AdWiTech), PT. Fusi (Bandung), serta Pemerintah Kota Padang yang secara langsung didanai oleh Pendanaan Riset Inovatif-Produktif (RISPRO) dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP Indonesia)Solusi yang dikembangkan meliputi coded-random access disertai oleh sistem komunikasi konvensional (yang cocok digunakan di lapangan) di kota Padang, yang dapat mengarahkan informasi secara efisien dalam pemantauan bencana alam. Jenis bencana yang ditargetkan untuk pencegahan adalah gempa bumi, tsunami, banjir, dan longsor, oleh karena itu dikembangkan berbagai sensor yang sesuai dengan target pendeteksian bencana-bencana tersebut.

Peresmian Proyek PATRIOT-Net Tahun Pertama

Pada tanggal 2 Mei 2019, acara peresmian dan peluncuran hasil proyek PATRIOT-Net tahun pertama sudah dirampungkan di kota Padang. Acara peresmian ini dihadiri oleh:

  • Ibu Dr. Rina Pudji Astuti selaku Wakil Rektor 4 Telkom University,
  • Bapak Khoirul Anwar selaku Direktur AdWiTech beserta Staff AdWiTech,
  • Bapak Yan Syafri Hidayat selaku CEO dari PT. Fusi,
  • Bapak H. Mahyeldi, SP selaku Walikota Padang, beserta staff Pemko Padang,
  • Serta perwakilan dari LPDP yaitu Bapak Diki Candra Setiawan dan Bapak Triyoga Adi Perdana.
Peresmian proyek PATRIOT-Net di Padang

Peresmian PATRIOT-Net di Depan Command Center Pemko Padang


Command center Pemko Padang menampilkan hasil pemantauan berbagai sensor PATRIOT-Net.
Presentasi PATRIOT-Net oleh Bapak Dr. Khoirul Anwar

Dokumentasi

Beberapa stasiun TV dan sebuah surat kabar di Padang juga meliput keberhasilan pemasangan alat-alat sensor pendeteksi tsunami dan banjir.