IC-ICTRuDev 2018: Kontribusi AdWiTech Untuk Pengembangan ICT di Indonesia

Bali, AdWiTech News – Perwakilan dari AdWiTech, Evander Christy (mahasiswa S2 Telkom University), dan Dammar Adi (Mahasiswa S1 Telkom University) telah mepresentasikan hasil penelitiannya pada International Conference on Information and Communication Technology for Rural Development (IC-ICTRuDev) 2018. IC-ICTRuDev 2018 yang diadakan di Hotel Pullman Bali pada hari Rabu dan Kamis 17 – 18 Oktober 2018 ini diselenggarakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (KemKomInfo) Republik Indonesia.

IC-ICTRuDev 2018 berfokus pada pemanfaatan ICT untuk pengembangan daerah pedesaan / rural di Indonesia. Disiplin ilmu yang dipaparkan dalam konferensi ini sangat beragam, dan semuanya mempunyai tujuan yang sama yaitu memanfaatkan ICT untuk memajukan Indonesia.

Pada konferensi ini, Evander Christy memaparkan paper dari penelitiannya bersama Dr. Ir. Rina Pudji Astuti, dan Dr. Eng Khoirul Anwar dari AdWiTech yang berjudul “Telkom University 5G Channel Model Under Foliage Effect and Their Performance Evaluations.” Kontribusi dari paper tersebut adalah memberikan referensi teori outage performance dari teknologi 5G yang diimplementasikan di Indonesia agar implementasi teknologi 5G di Indonesia dapat optimal. Pada paper tersebut juga disajikan kerangka kerja untuk mendapatkan model kanal dan menghitung outage performance dari lokasi dan teknologi yang berbeda.

Selain itu, Dammar Adi juga memaparkan paper dari penelitiannya bersama Budi Syihabbudin dan Dr. Eng Khoirul Anwar dari AdWiTech yang berjudul “Antenna Design for Multi-generation 2G–5G for Rural Area Wireless Communications.” Kontribusi dari paper tersebut adalah memberikan referensi desain antenna yang dapat dapat bekerja pada rentang frekuensi yang lebar yang dapat mengakomodir frekuensi kerja dari teknologi 2G hingga 5G.

“Kami akan terus berusaha untuk selalu memberikan kontribusi terhadap Indonesia ataupun dunia dalam setiap penelitian kami.” Ucap mereka.

Penulis : Evander Christy

Editor : Kautsar Fadly Firdaus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *