LDGM-Based Raptor Codes With Optimal Degree Distribution for SC-IoT

(Hari Jum’at, 12 Oktober 2018, pk. 13.30 WIB)

BANDUNG, Adwitech – Tempohari, seorang peneliti Adwitech yaitu Nur Kamila telah menuntaskan penelitian dalam judul “Low Density Parity Check (LDPC)-based Raptor Codes for Single Carrier Internet of Things “, yaitu usulan penggunaan kode-kode LDPC sebagai precode untuk kode Raptor dan menghasilkan sintesis dua kode yang disebut LDPC-Raptor Codes untuk garansi kemampuan tinggi error koreksi (dari LDPC) untuk memperbaiki unjuk kerja kode Raptor dengan menjaga kompleksitas tetap rendah akibat kesederhanaan proses decoding kode Raptor. Skema baru yang diusulkan Kamila menghasilkan performansi yang baik pada SNR -4.5 dB dan -1.5 dB dengan gap yang kecil (1.3 dB dan 0.8 dB) terhadap kapasitas Shanon, dengan catatan modulasi yg digunakan adalah BPSK dan QPSK.

Maka hari ini, peneliti Adwitech yang lain yaitu Fadilah Nur Hidayah menyelesaikan problem yang sama dengan kombinasi kode-kode kanal yang berbeda untuk penuntasan tesis magisternya. Berbeda dengan Kamila, Fadilah menggunakan kode Raptor berbasis LDGM (disebut LDGM-Based Raptor Code) dengan optimasi distribusi degree pada kasus komunikasi Single Carrier Internet of Things (SC-IoT). Untuk mengeliminasi error floor, LDGM Raptor dikombinasikan dengan accumulator, disebut sebagai Tornado codes, diikuti dengan decoder efisien menggunakan algoritma sum-product dengan mempertukarkan nilai log-likehood ratio (LLR) antar komponen decoder.

Thesis Fadilah menghasilkan terobosan penting. Skema kode-kode LDGM-Raptor yang dibuat Fadilah dengan distribusi irregularnya memberikan unjuk kerja yang lebih baik dari skema sebelum yang dibangun Kamilla, terindikasi dari dekatnya unjuk kerja LDGM-Raptor dengan kapasitas Shannon. Thesis ini sekaligus mengkonfirmasi bahwa kode-kode Tornado memberikan unjuk kerja terbaik tanpa error floor. Hasil kerja Fadilah telah dipublikasikan dalam dua konferensi internasional, dan usulan penggunaan kode Tornado merupakan kontribusi utama pekerjaan Fadilah, dan direncanakan akan disubmit dalam jurnal internasional.

Sidang tesis Fadillah diselenggarakan di Ruang Video Conference Pasca Sarjana Fakultas Teknik Elektro Universitas Telkom, dengan dihadiri oleh dewan penguji oleh Dr. Aly Muayyadi (ketua), Dr. Doan Perdana (anggota), dan Linda Meylani, ST., MT serta tim pembimbing oleh Dr. Eng. Khoirul Anwar dan Dr. Nachwan Mufti Adriansyah.

Penulis: Nachwan Mufti Adriansyah
Editor: Budi Syihabuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *