ICELTICs 2018: Routing of Mobile Cognitive Radio Base Station for Disaster Recovery Networks

Rabu, 19 September 2018.

Banda Aceh, AdWiTech News – Adwitech diwakili oleh Siti Hartinah (dipanggil Titin), mahasiswi S1, mempresentasikan hasil penelitiannya di 2018 International Conference on Electrical Engineering and Informatics (ICELTICs) yang diadakan di Banda Aceh, Indonesia, tanggal 19 September 2018. ICELTICs diselenggarakan oleh Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) yang bekerjasama dengan University Sains Malaysia (USM).

Pada konferensi tersebut, Titin mempresentasikan paper yang berjudul Routing of Mobile Cognitive Radio Base Station for Disaster Recovery Networks yang ditulis oleh Siti Hartinah, Hario Prakoso dan Dr. Eng. Khoirul Anwar dalam konferensi hari ini, Rabu, 19 September 2018.

Setelah bencana besar terjadi, Disaster Recovery Network (DRN) diperlukan untuk meminimalkan jumlah korban dan mempermudah evakuasi karena informasi tersampaikan menjadi lebih cepat dan akurat. Titin dan tim melakukan riset mengenai studi awal untuk algoritma routing yang akan digunakan pada Mobile Cognitive Radio Base Station (MCRBS).

Routing MCRBS dirancang untuk memilih possible route paling pendek (diindikasikan dengan sangat kuatnya power sinyal) dan route yang paling berkualitas (diindikasikan dengan sangat rendagnya Bit Error Rate (BER). Hasil dari jumlah possible routes terhadap threshold power dan BER minimal dapat dijadikan studi awal praktis di lapangan dalam pengembangan jaringan pasca bencana untuk Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *