Symposium on AdWiTech Autumn and Projects Seminar (SIAWASE) 2018: Innovations on Better Life

Dago Pakar, 9 September 2018.

AdWiTech — AdWiTech mengadakan Symposium on AdWiTech Autumn and Projects Seminar yang ke – 2 pada tanggal 8 – 9 September 2018 di Villa Bumi Baribis, Dago Pakar. Pada acara ini didatangi oleh 40 orang peneliti AdWiTech yang terdiri dari peneliti dosen, peneliti magister, peneliti sarjana, dan calon peneliti. Acara ini dibuka dengan presentasi dari 3 proyek, yaitu ZEBRA-CODES, 5G-POINT, dan PATRIOT-Net.

Pada kesempatan ini seminar dibuka oleh proyek ZEBRA-CODES yang dibawakan oleh:

  1. Kautsar Fadly Firdaus, S.T.

Sementara proyek kedua dibawakan oleh:

  1. Reni Dyah Wahyuningrum, S.T.,
  2. Yoga Julian, S.T.,
  3. Matsna Nuraini Rahman, S.T.,
  4. Rahmattio Fa’is Baihaqi, S.T., dan
  5. Arini Fitri.

Terakhir seminar ditutup oleh proyek PATRIOT-Net yang dibawakan oleh:

  1. Ikhfan Ammar Rangkuti, S.T.,
  2. Ines Visyeri Yuliani, S.T.,
  3. Nur Kamila, S.T.,
  4. Fadillah Nur Hidayah, S.T.,
  5. Dammar Adi Sujiansyah, S.T.,
  6. Siti Hartinah, S.T., dan
  7. Widiya Tria Putri.

Seminar proyek berlangsung selama 2 jam yang diiringi oleh proses tanya jawab. Setelah seminar proyek ditutup, Dr. Eng. Khoirul Anwar menyerahkan SK pengangkatan peneliti dosen, SK telah melakukan penelitian (alumni), SK pengangkatan peneliti magister, SK pengangkatan peneliti sarjana, dan SK pengangkatan calon peneliti secara berututan. Sebanyak 35 orang diangkat menjadi peneliti yang terbagi menjadi 4 peneliti dosen, 9 peneliti magister, 9 peneliti sarjana, dan 13 calon peneliti, sementara itu 8 orang telah dinyatakan lulus dan telah melaksanakan penelitian dengan baik.

Pada pukul 20.00 Dr. Eng. Khoirul Anwar memimpin berjalannya generative conversation selama 2 jam, pada seminar ini dibahas mengenai “How to be a better researcher”. Dr. Eng. Khoirul Anwar menjelaskan bahwa sebagai dosen, tugas beliau ada memberikan informasi untuk menstimulus perkembangan setiap orang, “setiap orang itu unik, setiap orang memiliki karakter masing – masing, yang bisa saya lakukan adalah membantu mempertajam setiap keunikan itu”, Dr. Eng. Khoirul Anwar juga menggambarkan bahwa “kehidupan manusia itu seperti kupu – kupu”.

Setelah berakhir, para dosen melakukan pembahasan rencana strategi AdWiTech untuk beberapa tahun ke depan dan melakukan pembahasan mengenai inisiasi proyek, sementara para mahasiswa melakan acara bakar BBQ di teras Villa Bumi Baribis hingga larut.

Acara dimulai kembali pukul 04.30 dengan dilakukanya sholat shubuh berjama’ah, kemudian pada pukul 05.30 acara diawali dengan senam (radio taiso) yang berlangsung selama setengah jam.

Acara dimulai kembali pada pukul 08.00 dengan game coding, berupa “langkah minimal untuk menentukan koin palsu”. Antusiasme tinggi dirasakan oleh peserta game, para peserta harus memutar otak selama 60 menit untuk bisa menemukan jawaban dari game ini.

Kesan dan pesan pun disampaikan oleh para peserta dalam acara SIAWASE 2018 ini. Acara ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Dr. Eng. Khoirul Anwar.

 

Penulis : Kautsar Fadly Firdaus

Editor : –

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *