Pergantian Wakil Direktur Untuk Meningkatkan Kapasitas Penelitian dan Menatap Internasionalisasi Adwitech

(Jum’at, 16 Agustus 2018, 21.32 WIB)

BANDUNG, Adwitechnews РPada tanggal 1 Agustus 2018, Adwitech memiliki wakil direktur atau manager baru. Adalah Suryo Adhi Wibowo, Ph.D., didapuk menggantikan wakil direktur sebelumnya Dr. Nachwan Mufti Adriansyah yang telah menyelesaikan masa tugasnya. Pergantian ini sangat penting bagi Adwitech. Disamping untuk kaderisasi, juga untuk meningkatkan kapasitas penelitian di Adwitech.

Dr. Nachwan dalam keterangannya menyatakan bahwa portofolio aktifitas non riset atau penunjang di Adwitech yang meliputi training Latex dan Matlab, seminar internal mingguan, simposium internasional (Rhenium dan SOFTT), dan summerschool, telah dianggap cukup ideal jumlahnya sebagai aktifitas tahunan. Portofolio aktifitas tadi cukup dijaga relatif tetap jumlahnya pertahun untuk menjaga nama Adwitech tetap ada di benak mahasiswa dan masyarakat ilmu pengetahuan. Jumlah portofolio aktifitas non riset yang berlebihan justru akan berdampak pada penurunan kualitas riset, karena member peneliti akan terlalu sibuk dalam menjalankan aktifitas tadi dibanding berkontemplasi untuk menghasilkan penelitian berkualitas.

Maka selanjutnya, mulai tahun 2019 adalah era dimana Adwitech menapak pada perkuatan dan peningkatan kapasitas riset dan Suryo Adhi Wibowo, Ph.D., adalah orang yang tepat disebabkan kapasitas yang dimilikinya. Peningkatan kapasitas riset akan diindikasi dari peningkatan jumlah paper internasional, partisipasi dalam event atau pameran internasional, dan jumlah paten.

Adwitech meyakini bahwa peningkatan reputasi penelitian Telkom University yang semakin berkualitas akan sangat membantu meningkatkan daya tarik universitas terhadap calon-calon mahasiswa terbaik dari seluruh Indonesia. Sehingga, reputasi Universitas Telkom akan juga terangkat di kancah internasional menuju status ‘world class research university’.

Penulis: Budi Syihabuddin
Editor: Nachwan Mufti Adriansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *