5G Channel Model Dengan Efek Tumbuhan (foliage) Untuk Indonesia

Jum’at, 24 Agustus 2018.

Bandung, AdWiTech News – Pada tanggal 24 Agustus 2018 seorang peneliti magister AdWiTech, Evander Christy, melaksanakan sidang akhir dengan judul ‘5G Telkom University Channel Model Under Foliage Effect’ yang didanai oleh proyek RISTEKDIKTI, yaitu 5G-POINT. Sidang akhir dipimpin oleh Bapak Suryo Adhi Wibowo, Ph.D. sebagai penguji satu dan Bapak Dharu Arseno, S.T., M.T. sebagai penguji dua yang dilaksanakan di Gedung Pasca Sarjana G202, Telkom University, Bandung, Indonesia.

Penelitian ini mengajukan (i) model kanal untuk jaringan telekomunikasi kelima (5G) dengan efek dedadunan di Indonesia, (ii) kerangka kerja untuk menghitung model kanal 5G dan performa kanal tersebut di berbagai lokasi di Indonesia. Model kanal 5G dihitung dengan bandwidth 40 MHz pada frekuensi 3.3 GHz dengan parameter lapangan di Kampus Telkom University. Penelitian ini menampilkan kurva outage performance yang didapat dari kanal 5G di Telkom University. Kurva outage performance divalidasi menggunakan analisis bit error rate (BER) dan block error rate (BLER) dari kanal 5G di Telkom University yang akan dijadikan sebagai referensi teori outage performance di Telkom University dan juga di Indonesia.

Hasil yang didapat membuktikan bahwa foliage memengaruhi performa pada sistem komunikasi 5G diindikasikan dengan penurunan jumlah path dan memburuknya kurva outage performance. Penelitian ini sangat bermanfaat baik di ranah akademisi maupun industri untuk penerapan 5G di Indonesia karena dengan mengetahui outage performance dari suatu kanal, parameter di transmitter ataupun receiver dapat diatur sehingga implementasi sistem 5G yang optimal di Indonesia dapat diperoleh. Harapan kedepannya penelitian ini bisa menjadi referensi perhitungan channel model di Indonesia ataupun menjadi rujukan internasional.

Penulis : Kautsar Fadly Firdaus
Editor : Evander Christy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *