Antenna Multigenerasi 2G, 3G, 4G, dan 5G untuk Komunikasi Pasca Bencana dan Komunikasi Rural

(Selasa, 14 Agustus 2018, 19:00 WIB)

BANDUNG, AdWiTech – Salah satu peneliti Advance Wireless Technology (AdWiTech), Dammar Adi Sujiansyah, menyelesaikan sarjananya dengan judul Tugas Akhir “Ultra Wide Band Vivaldi Antenna for Mobile Cognitive Radio Base Station in Disaster Recovery Wireless Networks “.  Antena yang dibuat dapat melayani jaringan 2G, 3G, 4G, dan 5G yang akan diterapkan di masa depan. Antena yang didesain menghasilkan gain tinggi dan bandwidth yang lebar sehingga dapat melayani sistem telekomunikasi generasi 2G – 5G pada area pasca bencana.

Sebagaimana diketahui pada Disaster Recovery Network (DRN) terdapat berbagai device dengan penggunaan frekuensi yang beragam yang menyebabkan dibutuhkan sebuah antena yang dapat melayani masalah tersebut. Pada akhirnya dapat dibuktikan bahwa antena vivaldi yang diusulkan memiliki spesifikasi yang baik dalam menjawab kebutuhan antena untuk Mobile Communication Radio Base Station (MCRBS).

Sidang Tugas Akhir Dammar Adi Sujiansyah diselenggarakan di Ruang AdWiTech Center, Fakultas Teknik Elektro Universitas Telkom, dengan dewan penguji oleh Agus Dwi Prasetyo, S.T, M. T (ketua), Dr. Aloysius Adya Pramudita, S.T., M.T. (anggota), dan tim pembimbing oleh Budi Syihabuddin, S.T., M.T dan Dr. Eng. Khoirul Anwar.

Penulis: Kautsar Fadly Firdaus
Editor: –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *