Kiprah Peneliti Adwitech di Konferensi Internasional TAFGEN 2018 Malaysia

(Jum’at, 27 Juli 2018, 22:21 WIB)

KUCHING, Adwitech – Adwitech yang diwakili oleh tiga peneliti dan Dr. Anwar menghadiri 2nd International Conference on Telematics and Future Generation Networks (TAFGEN) yang diadakan di Kuching, Malaysia, tanggal 24 – 26 Juli 2018. TAFGEN diselenggarakan oleh UTM Razak School of Engineering and Advanced Technology serta IEEE Comsoc/VTS Malaysia.

Pada konferensi tersebut, Dr Anwar dari AdWitech menjadi keynote speaker dan tutor pada Tutorial on Wireless Networks for Internet of Things (IoT). Selain itu, salah satu dari tiga paper yang dikirimkan ke TAFGEN menjadi best paper dengan judul “High-rate Coded Random Access for Non-Orthogonal Multiple Access with Human Priority” yang ditulis oleh Solichah Larasati, I Nyoman Apraz Ramatryana, dan Khoirul Anwar.

Laras dkk menggunakan kode MDS untuk memprioritaskan paket data yang dikirimkan oleh manusia dibandingkan mesin pada kondisi jaringan yang sangat padat di masa depan. Kode MDS adalah skema coding yang memenuhi single ton bound, yaitu kondisi Hamming distance tertinggi yang mempengaruhi error koreksi dan deteksi. Penggunaan kode MDS memungkinkan error koreksi yang lebih baik dan memiliki rate yang tinggi sehingga sesuai dengan kebutuhan jaringan masa depan.

Paper Laras dkk mendapatkan point penilaian yang tinggi dari reviewer karena cara penulisannya yang baik, dan kebaruan teknologi yang diusulkan.

Semoga penghargaan best paper ini dapat memotivasi peneliti Adwitech untuk lebih giat dalam meneliti dan mengusulkan metode-metode baru yang berkontribusi terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

Penulis: Budi Syihabuddin
Editor: Nachwan Mufti Adriansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *