Coded Random Access Berhasil Dibuktikan Lebih Baik Dari Random Access Konvensional!

Coded Random Access (CRA) adalah skema akses random terkode yang disinyalir akan mampu menggantikan skema akses random (RA) konvensional dalam penggunaanya dalam komunikasi Internet of Things. Sebagaimana diketahui, komunikasi Internet of Things dengan komunikasi yang sangat masif antar ribuan device sangat membutuhkan utilisasi bandwidth yang juga sangat efisien.

Adalah Fransisca Margaret, seorang member peneliti di Center for Advanced Wireless Technology (Adwitech), telah menuntaskan sarjana teknik-nya dengan Tugas Akhir yang berjudul “ Extrinsic Information Transfer (EXIT) Chart Untuk Analisis Jaringan Internet of Things (IoT) “ dalam sidang Tugas Akhir hari ini, Kamis, 19 Juli 2018.

Fransisca menguji unjuk kerja CRA dan RA konvensional (slotted ALOHA) dalam situasi yang sama. Pengujian dua macam skema ini dalam situasi parameter simulasi yang sama, belum pernah dilakukan selama ini.
Analisis Extrinsic Information Transfer (EXIT) chart digunakan pada keduanya untuk meneliti kedua skema.

Pada akhirnya dapat dibuktikan bahwa CRA lebih superior dibanding skema random access konvensional, sekaligus membuktikan bahwa skema-skema baru coded random access memiliki prospek yang baik dalam menjawab kebutuhan througput sangat tinggi pada era 5G dan bahkan 6G.

Sidang TA Fransisca Margaret diselenggarakan di Ruang Adwitech P203, Fakultas Teknik Elektro Universitas Telkom, dengan dewan penguji oleh Ir. Achmad Ali Muayyadi, M.Sc., Ph.D. (ketua), dan Kris Sujatmoko, S.T., M.T. (anggota) dan tim pembimbing oleh Dr. Eng. Khoirul Anwar dan Dr. Nachwan Mufti Adriansyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *