Skema Pengkodean Baru Berbasis LDPC-Raptor Untuk Komunikasi Single Carrier Internet of Things

Seorang member peneliti di Center for Advanced Wireless Technology (Adwitech) yaitu Nur Kamila telah menuntaskan tesis magister teknik-nya yang berjudul “Low Density Parity Check (LDPC)-based Raptor Codes for Single Carrier Internet of Things “ dalam sidang tesis hari ini, Selasa, 17 Juli 2018.

Kamila mengusulkan penggunaan kode-kode LDPC sebagai precode untuk kode Raptor, sehingga sintesis dua kode ini disebutnya sebagai LDPC-Raptor Codes. Sintesa dua macam kode bertujuan untuk garansi kemampuan tinggi error koreksi (dari LDPC) untuk memperbaiki unjuk kerja kode Raptor dengan menjaga kompleksitas tetap rendah akibat kesederhanaan proses decoding kode Raptor.
Selanjutnya, derajat distribusi kode LDPC-Raptor didesain menuju optimal dengan analisis Extrinsic Information Transfer (EXIT) chart untuk memenuhi konteks dan persyaratan komunikasi SC-IoT.

Skema baru yang diusulkan Kamila menghasilkan performansi yang baik pada SNR -4.5 dB dan -1.5 dB dengan gap yang kecil (1.3 dB dan 0.8 dB) terhadap kapasitas Shanon, dengan catatan modulasi yg digunakan adalah BPSK dan QPSK.

Sidang tesis Kamila diselenggarakan di Ruang Video Conference Pasca Sarjana Fakultas Teknik Elektro Universitas Telkom, dengan dihadiri oleh dewan penguji oleh Dr. Ida Wahidah (ketua), Aloysius Adya Pramudita (anggota), Dr. Ing. Fiky Y Suratman (anggota), dan tim pembimbing oleh Dr. Eng. Khoirul Anwar dan Dr. Nachwan Mufti Adriansyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *