Peneliti Adwitech Telkom University Mengusulkan Skema Pengkodean Baru Kompleksitas Rendah Dengan Performa Tinggi Untuk Komunikasi Broadband Internet of Things

Hari ini Selasa tanggal 17 Juli 2018, seorang member peneliti di Center for Advanced Wireless Technology (Adwitech) yaitu Ines Visyeri Yuliani telah berhasil mempertahankan tesis magister teknik-nya yang berjudul “Low Density Generator Matriz (LDGM)-Based Raptor Codes for Broadband Internet of Things “.

Ines mengusulkan teknik pengkodean baru yang dapat mendukung komunikasi IoT antar ribuan device atau sensor dengan base station. Teknik pengkodean ini berbasis pada kode Raptor yang dikombinasikan dengan kode-kode Low Density Generator Matrix (LDGM) sebagai pre-kode. Metode ini sangat memberikan fleksibilitas karena dapat dioptimalkan derajat distribusinya karena memungkinkan untuk mendekati kapasitas Shannon sebagai referensi unjuk kerja maksimum.

Skema baru yang diusulkan Ines adalah sebuah terobosan penting yang memungkinkan komunikasi massif ribuan perangkat IoT yang sangat memerlukan kompleksitas rendah dalam operasinya namun mampu memberikan unjuk kerja yang tinggi.

Sidang tesis diselenggarakan di Ruang Video Conference Pasca Sarjana Fakultas Teknik Elektro Universitas Telkom, dengan dewan penguji oleh Dr. Aloysius Adya Pramudita (ketua), Dr. Ing. Fiky Y Suratman (anggota), Dr. Doan Perdana (anggota), dan tim pembimbing oleh Dr. Eng. Khoirul Anwar dan Dr. Nachwan Mufti Adriansyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *