Pembicara di IEICE General Conference 2018 dan 5G International Symposium 2018

Pada 21-29 Maret 2018 Dr. Eng. Khoirul Anwar, direktur AdWiTech, melakukan perjalanan ke Jepang untuk tiga agenda, yaitu (1) presentasi paper di IEICE General Conference 2018, (2) Inisiasi MoU dengan Japan Advanced Institute of Science and Technology (JAIST), dan (3) menjadi pembicara panel untuk kolaborasi 5G yang diselenggarakan oleh 5G Forum Jepang. Dalam acara ini, Dr. Anwar juga mewakili Indonesia 5G Forum (i5GF) dalam pertemuan 5G internasional ini, sebagai chair dari WG radio and networks pada i5GF.

Dr. Khoirul Anwar menjadi pembicara panel pada 5G International Symposium yang diadakan di Tokyo International Exchange Center, Odaiba, Koto-ku, Tokyo, Jepang. Acara tersebut bertajuk “Come, See, Learn about 5G” dan dihadiri oleh perwakilan pemerintah, akademisi, dan industri di Jepang serta beberapa perwakilan negara Eropa dan Asia.

Sebelumnya,  Dr. Khoirul Anwar mempresentasikan topik penelitian untuk IoT yang memiliki prioritas transmisi, yang salah satu aplikasinya adalah untuk kendaraan yang harus diprioritaskan seperti ambulans dan mobil pemadam kebakaran. Penelitian ini menjadi penting karena pada era 5G, komunikasi untuk Human dan device IoT diprediksikan menggunakan jaringan yang sama. Dr. Anwar menganalisis dengan konsep spatial coupling ada LDPC codes untuk diterapkan pada IoT. Hasil penelitian tersebut dipresentasikan pada acara IEICE General Conference, 20–23 Maret 2018 di Tokyo Denki University.

Selain kedua acara tersebut, Dr. Khoirul Anwar juga berkesempatan untuk melakukan penjajakan kerja sama dengan JAIST, Jepang, untuk mendukung proyek-proyek penelitian internasional AdWitech dengan institusi di luar negeri.

Aktivitas international seperti ini diharapkan dapat memperkuat networking serta memperkenalkan Telkom University di dunia internasional. Semoga AdWiTech dapat terus berkontribusi untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telekomunikasi di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *